Senin, 02 Desember 2013

PERUSAHAAN & LINGKUNGAN PERUSAHAAN

BAB 2


PERUSAHAAN DAN 
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
PENGERTIAN PERUSAHAAN
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.
TEMPAT KEDUDUKAN PERUSAHAAN
Tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor pusat perusahaan. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.
LETAK PERUSAHAAN
Jenis letak perusahaan terbagi menjadi 4(empat) yaitu:
1.      Letak Perusahaan yang terikat pada alam
Letak perusahaan ini sangat ditemukan oleh sumber-sumber alam,jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia.Contohnya usaha Pertanian dan Pertambangan.
2.      Letak Perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu.Contohnya Perusahaan Batik dan Kerajinan tangan lainnya.
3.      Letak Perusahaan yang ditentukan Pemerintah
Pemerintah yang menentukan dimana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya.Hal ini agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan itu.Contohnya pabrik senjata atau amunisi,peternakan babi dan pabrik obat-obatan.
4.      Letak Perusahaan yang dipengaruhi faktor ekonomi
Perusahaan ini bersifat industriAda beberapa faktor yang perlu diperlu dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan:
-        Dekat dengan bahan baku
Contoh : Pabrik gula,pabrik semen.
-        Dekat dengan pasar
Contoh : Pabrik roti,rumah makan dan perusahaan jasa seperti Bank atau Asuransi
-        Dekat dengan pemasok tenaga kerja
Contoh : Pabrik rokok,pabrik kembang gula
-        Dekat dengan penyedia sumber tenaga atau energi
Contoh : Pabrik peleburan bijih besi,alumunium dan baja
-        Iklim
Suatu perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara tertentu.
Contoh : Pabrik teh,permintaan kapas,industry jamur
-        Ongkos Transpor
Contoh : Pabrik mobil,sangat membutuhkan lancarnya transportasi.Apabila jalan-jalan yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik,maka diharapkan ongkos transpornya juga akan menjadi rendah
-        Besarnya suplai modal
Perusahaan yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya cenderung akan memilih tempat dimana penanaman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup rendah.Masing-masing perusahaan memiliki faktor yang berbeda-beda
TUJUAN DARI PENDIRIAN PERUSAHAAN
Perusahaan didirikan tentu mempunyai tujuan yang telah ditentukan ,sebab tujuan merupakan titik tolak bagi segala pemikiran dalam perusahaan dan tujuan juga memberikan arah bagi kegiatan dan cara untuk mengukur efektivitas kegiatan perusahaan.Tujuan perusahaan adalah untuk memuaskan kebutuhan dari konsumen dengan nilai-nilai tertentu,pertimbangan terakhir mengenai barang atau jasa apa yang harus dibuat oleh perusahaan adalah terletak pada konsumen.
PERUSAHAAN SEBAGAI SUATU SISTEM
Perusahaan adalah suatu kesatuan unit yang terdiri dari sub-sub sistem yang paling bekerjasama ataupun sering mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung untuk mencapai tujuan.
Perusahaan sebagai suatu sistem ialah merupakan sumber-sumber ekonomi yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang dan jasa untuk mencapai tujuan tertentu anatara lain keuntungan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
Sistem-sistem perusahaan :
·         Bersifat kompleks : Berhubungan dengan pemasok,pemerintah dan masyarakat
·         Satu kesatuan : Setiap sub sistem berjalan untuk mencapai tujuan
·         Berbagai jenis : Jenis perusahaan berbagai ukuran,bentuk dan jenis usahanya.
·         Saling bergantung : Suatu perusahaan bergantung kepada pihak lain seperti pemasok dan pemilik dana
·         Dinamis : Kekuatan interned dan eksteren mendorong perusahaan terus berubah menyesuaikan kondisi lingkungan yang dinamis

SISTEM PERUSAHAAN
Sistem perusahaan atau sistem keseluruhan perusahaan adalah berbagai sistem atau proses yang melibatkan keseluruhan perusahaan atau sebagian besar darinya.
Contoh umum sistem perusahaan:
  • Perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise Resource Planning - ERP),   yang mendukung rantai pasokan internal dan berfokus pada efisiensi produksi internal perusahaan, distribusi dan proses keuangannya.
  • Manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management - CRM), yang menyediakan layanan untuk pelanggan dan berfokus atas proses mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang berharga.
  • Manajemen hubungan mitra (Partner Relationship Management - PRM), yang didesain untuk memberikan layanan bagi para mitra bisnis dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan dan distribusi produk serta layanan perusahaan
  • Manajemen rantai pasokan (Supply Chain Management - SCM) berfokus pada pengembangan sumber dan proses mendapatkannya yang paling efisien dan efektif dengan para pemasok untuk berbagai produk serta jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Aplikasi manajemen pengetahuan (Knowledge Management - KM), yang bertujuan untuk mendukung pembuatan, penyimpanan dan distribusi pengetahuan diseluruh perusahaan.
FUNGSI-FUNGSI PERUSAHAAN
Fungsi perusahaan terdiri dari :
1.      Produksi
Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa,dengan menfaatkan faktor produksi yang tersedia.
Proses Produksi yaitu cara,metode atau teknik untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang ada.
2.       Pemasaran
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan,baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. 
Secara umum konsep pemasaran ada 5(lima) yaitu:
-          Konsep Produksi (The Production Concept),Konsumen akan menukai produk yang tersedia selaras dengan kemampuannya.
-          Konsep Produk (The Product Concept),Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas dan prestasi terbaik serta keistimewaan yang menonjol.
-          Konsep Penjualan (The Selling Concept),Konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk,kecuali juka produsen mengupayakan promosi dan penjualan yang agresif.
-          Konsep Pemasaran (The Marketing Concept),Kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan perusahaan adalah terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar.
-          Konsep Pemasaran Kemasyarakatan (The Societal Marketing Concept),Tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan,keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik.
3.      Keuangan
Fungsi Manager Keuangan menyeimbangkan kebutuhan dana dalam operasi perusahaan dengan tersedianya dana dengan berbagai sumber dana.Dalam arti luasnya meningkatkan :nilai” perusahaan Analisis Rasio keuangan digunakan untuk mengetahui posisi dan keuangan dan prestasi perusahaan pada waktu tertentu.
4.      Pesonalia
Merupakan kumpulan aktifitas didalam semua organisasi yang bermaksud mempengaruhi efektivitas sumber daya manusia dan organisasi.
Aktifitas-aktifitas Personalia:
-          Perencanaan sumber daya manusia
-          Analisis dan disain pekerjaan
-          Penarikan tenaga kerja (recruitment)
-          Seleksi tenaga kerja
-          Orientasi Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja
-          Penilaian kinerja
-          Pemeliharaan kompensasi
-          Pemeliharaan tenaga kerja
Ciri-ciri umum Perusahaan :
1.      Operatif
Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
2.      Kordinatif
Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
3.      Regular
Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
4.      Dinamis
Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
5.      Formal
Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
6.      Lokasi
Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
7.      Pelayanan bersyarat
Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
BERBAGAI MACAM LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERUSAHAAN
Lingkungan Perusahaan : Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1.   Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan.
Lingkungan Eksternal Perusahaan dapat dibedakan menjadi :
A)    Lingkungan Eksternal Makro
Adalah Lingkungan Eksternal  yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
  • Keadaan alam => SDA, lingkungan.
  • Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
  • Hukum
  • Perekonomian
  • Pendidikan dan kebudayaan
  • Social dan budaya
  • Kependudukan
  • Hubungan internasional.
B)     Lingkungan Eksternal Mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
  • Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
  • Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
  • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2.   Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
  • Tenaga kerja
  • Peralatan dan mesin
  • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
  • Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
  • System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
PENDEKATAN DALAM MELIHAT BISNIS DAN LINGKUNGAN
Dalam konteks pembicaraan umum, bisnis (business) tidak terlepas dalam aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Aktivitas dalam bisnis umumnya punya tujuanmenghasilkan laba untuk kelangsungan hidup serta mengumpulkan cukup dana bagi pelaksanaan kegiatan si pelaku bisnis atau bisnisman (businessman) itu sendiri.Sedemikian eratnya kaitan bisnis dengan perusahaan sehingga berbicara tentang bisnis identik dengan berbicara tentang perusahaan.




  
  
REFERENSI
Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan) Murti Sumarni-John Soeprihanto Edisi Kelima
http://tiaralenggogeni.wordpress.com/2010/10/18/perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar