PERUSAHAAN
DAN
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Secara umum konsep pemasaran ada 5(lima) yaitu:
PENGERTIAN PERUSAHAAN
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang
mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi
masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan
kebutuhan masyarakat.
TEMPAT KEDUDUKAN PERUSAHAAN
Tempat kedudukan perusahaan dapat diartikan sebagai
tempat kantor pusat perusahaan. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya
dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain,
seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.
LETAK PERUSAHAAN
Jenis letak perusahaan terbagi menjadi 4(empat)
yaitu:
1. Letak
Perusahaan yang terikat pada alam
Letak perusahaan ini sangat
ditemukan oleh sumber-sumber alam,jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia.Contohnya
usaha Pertanian dan Pertambangan.
2. Letak
Perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat
dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu.Contohnya Perusahaan Batik dan
Kerajinan tangan lainnya.
3. Letak
Perusahaan yang ditentukan Pemerintah
Pemerintah yang menentukan dimana
perusahaan harus menjalankan aktivitasnya.Hal ini agar masyarakat disekitar
lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan itu.Contohnya pabrik
senjata atau amunisi,peternakan babi dan pabrik obat-obatan.
4. Letak
Perusahaan yang dipengaruhi faktor ekonomi
Perusahaan ini bersifat industriAda
beberapa faktor yang perlu diperlu dipertimbangkan dalam menentukan letak
perusahaan:
-
Dekat dengan bahan baku
Contoh
: Pabrik gula,pabrik semen.
-
Dekat dengan pasar
Contoh
: Pabrik roti,rumah makan dan perusahaan jasa seperti Bank atau Asuransi
-
Dekat dengan pemasok tenaga kerja
Contoh : Pabrik rokok,pabrik kembang
gula
-
Dekat dengan penyedia sumber tenaga atau
energi
Contoh
: Pabrik peleburan bijih besi,alumunium dan baja
-
Iklim
Suatu
perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara
tertentu.
Contoh
: Pabrik teh,permintaan kapas,industry jamur
-
Ongkos Transpor
Contoh
: Pabrik mobil,sangat membutuhkan lancarnya transportasi.Apabila jalan-jalan
yang akan dilalui produk perusahaan ke konsumen sudah baik,maka diharapkan
ongkos transpornya juga akan menjadi rendah
-
Besarnya suplai modal
Perusahaan
yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya cenderung akan memilih
tempat dimana penanaman modal cukup besar disertai tingkat bunga yang cukup
rendah.Masing-masing perusahaan memiliki faktor yang berbeda-beda
TUJUAN DARI PENDIRIAN PERUSAHAAN
Perusahaan didirikan tentu mempunyai tujuan yang
telah ditentukan ,sebab tujuan merupakan titik tolak bagi segala pemikiran
dalam perusahaan dan tujuan juga memberikan arah bagi kegiatan dan cara untuk
mengukur efektivitas kegiatan perusahaan.Tujuan perusahaan adalah untuk
memuaskan kebutuhan dari konsumen dengan nilai-nilai tertentu,pertimbangan
terakhir mengenai barang atau jasa apa yang harus dibuat oleh perusahaan adalah
terletak pada konsumen.
PERUSAHAAN SEBAGAI SUATU SISTEM
Perusahaan adalah suatu
kesatuan unit yang terdiri dari sub-sub sistem yang paling bekerjasama ataupun
sering mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung untuk mencapai
tujuan.
Perusahaan sebagai
suatu sistem ialah merupakan sumber-sumber ekonomi yang langsung atau tidak
langsung mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang dan jasa untuk mencapai
tujuan tertentu anatara lain keuntungan pemenuhan kebutuhan masyarakat.
Sistem-sistem perusahaan :
·
Bersifat kompleks : Berhubungan dengan
pemasok,pemerintah dan masyarakat
·
Satu kesatuan : Setiap sub sistem
berjalan untuk mencapai tujuan
·
Berbagai jenis : Jenis perusahaan
berbagai ukuran,bentuk dan jenis usahanya.
·
Saling bergantung : Suatu perusahaan
bergantung kepada pihak lain seperti pemasok dan pemilik dana
·
Dinamis : Kekuatan interned dan eksteren
mendorong perusahaan terus berubah menyesuaikan kondisi lingkungan yang dinamis
SISTEM PERUSAHAAN
Sistem perusahaan atau sistem
keseluruhan perusahaan adalah berbagai sistem atau proses yang melibatkan
keseluruhan perusahaan atau sebagian besar darinya.
Contoh umum sistem perusahaan:
- Perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise Resource Planning - ERP), yang mendukung rantai pasokan internal dan berfokus pada efisiensi produksi internal perusahaan, distribusi dan proses keuangannya.
- Manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management - CRM), yang menyediakan layanan untuk pelanggan dan berfokus atas proses mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang berharga.
- Manajemen hubungan mitra (Partner Relationship Management - PRM), yang didesain untuk memberikan layanan bagi para mitra bisnis dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan dan distribusi produk serta layanan perusahaan
- Manajemen rantai pasokan (Supply Chain Management - SCM) berfokus pada pengembangan sumber dan proses mendapatkannya yang paling efisien dan efektif dengan para pemasok untuk berbagai produk serta jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan.
- Aplikasi manajemen pengetahuan (Knowledge Management - KM), yang bertujuan untuk mendukung pembuatan, penyimpanan dan distribusi pengetahuan diseluruh perusahaan.
FUNGSI-FUNGSI
PERUSAHAAN
Fungsi
perusahaan terdiri dari :
1. Produksi
Produksi adalah kegiatan untuk
menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa,dengan menfaatkan
faktor produksi yang tersedia.
Proses Produksi yaitu cara,metode
atau teknik untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa
dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang ada.
2.
Pemasaran
Pemasaran adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,menentukan
harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan
kebutuhan,baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Secara umum konsep pemasaran ada 5(lima) yaitu:
-
Konsep
Produksi (The Production Concept),Konsumen akan menukai produk yang tersedia
selaras dengan kemampuannya.
-
Konsep
Produk (The Product Concept),Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan
kualitas dan prestasi terbaik serta keistimewaan yang menonjol.
-
Konsep
Penjualan (The Selling Concept),Konsumen tidak akan membeli cukup banyak
produk,kecuali juka produsen mengupayakan promosi dan penjualan yang agresif.
-
Konsep
Pemasaran (The Marketing Concept),Kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan
perusahaan adalah terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar.
-
Konsep
Pemasaran Kemasyarakatan (The Societal Marketing Concept),Tugas perusahaan
adalah menentukan kebutuhan,keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta
memberikan kepuasan yang diinginkan dengan lebih baik.
3.
Keuangan
Fungsi Manager Keuangan
menyeimbangkan kebutuhan dana dalam operasi perusahaan dengan tersedianya dana
dengan berbagai sumber dana.Dalam arti luasnya meningkatkan :nilai” perusahaan Analisis
Rasio keuangan digunakan untuk mengetahui posisi dan keuangan dan prestasi
perusahaan pada waktu tertentu.
4.
Pesonalia
Merupakan kumpulan aktifitas didalam
semua organisasi yang bermaksud mempengaruhi efektivitas sumber daya manusia
dan organisasi.
Aktifitas-aktifitas Personalia:
-
Perencanaan
sumber daya manusia
-
Analisis
dan disain pekerjaan
-
Penarikan
tenaga kerja (recruitment)
-
Seleksi
tenaga kerja
-
Orientasi
Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja
-
Penilaian
kinerja
-
Pemeliharaan
kompensasi
-
Pemeliharaan
tenaga kerja
Ciri-ciri
umum Perusahaan :
1.
Operatif
Adanya
aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia /
distribusi barang dan jasa.
2.
Kordinatif
Diperlukan
koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai
tujuan.
3.
Regular
Untuk
mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung
aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
4.
Dinamis
Lingkungan
selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap
perubahan.
5.
Formal
Tunduk
kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
6.
Lokasi
Perusahaan
didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis
jelas.
7.
Pelayanan bersyarat
Keberhasilan perusahaan tersebut
terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
BERBAGAI
MACAM LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERUSAHAAN
Lingkungan Perusahaan : Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi
perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.
Pada
dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
1.
Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak
langsung terhadap kegiatan perusaan.
Lingkungan Eksternal Perusahaan dapat dibedakan
menjadi :
A)
Lingkungan Eksternal Makro
Adalah Lingkungan Eksternal yang berpengaruh tidak
langsung terhadap kegiatan usaha. Contoh :
- Keadaan alam => SDA, lingkungan.
- Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
- Hukum
- Perekonomian
- Pendidikan dan kebudayaan
- Social dan budaya
- Kependudukan
- Hubungan internasional.
B)
Lingkungan Eksternal Mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap
kegiatan usaha.
Contoh :
- Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
- Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
- Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
- Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan
langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
- Tenaga kerja
- Peralatan dan mesin
- Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
- Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
- System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
PENDEKATAN DALAM
MELIHAT BISNIS DAN LINGKUNGAN
Dalam konteks pembicaraan umum,
bisnis (business) tidak terlepas dalam aktivitas produksi, pembelian,
penjualan, maupun pertukaran barang dan jasa yang melibatkan orang atau
perusahaan. Aktivitas dalam bisnis umumnya punya tujuanmenghasilkan laba untuk
kelangsungan hidup serta mengumpulkan cukup dana bagi pelaksanaan kegiatan si
pelaku bisnis atau bisnisman (businessman) itu sendiri.Sedemikian eratnya
kaitan bisnis dengan perusahaan sehingga berbicara tentang bisnis identik
dengan berbicara tentang perusahaan.
REFERENSI
Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan) Murti
Sumarni-John Soeprihanto Edisi Kelima
http://tiaralenggogeni.wordpress.com/2010/10/18/perusahaan-dan-lingkungan-perusahaan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar